Visi & Misi

VISI


Pada tahun 2020 menjadi program studi terkemuka di tingkat nasional untuk menghasilkan tenaga pendidik yang humanis dan profesional di bidang pendidikan khusus berdasarkan ketaqwaan, kemandirian, dan cendekia.

MISI


Dalam rangka mencapai visi tersebut mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan program akademik dan/atau profesi dalam bidang pendidikan luar biasa guna menghasilkan sarjana dan profesi yang mampu berkompetisi, bertaqwa kepada Tuhan YME, berkepribadian dan berwawasan global, mandiri, kreatif, dan mampu bersinergi di masyarakat dalam pendidikan khusus.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan khusus.
  3. Melaksanakan pengabdian ke masyarakat dalam pendidikan khusus.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta yang memiliki kepedulian terhadap layanan pendidikan khusus.
  5. Menyelenggarakan aktivitas pendukung untuk pengembangan softskills.

 

TUJUAN


  1. Menghasilkan lulusan sarjana kependidikan dan pendidik/guru profesional bidang Pendidikan Khusus yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat atau pengguna layanan pendidikan khusus.
  2. Menghasilkan penelitian dan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat berbasis penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan praktek dan layanan pendidikan khusus maupun keilmuannya itu sendiri, serta memiliki daya publikasi yang bersifat luas di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menampilkan kinerja kelembagaan program studi pendidikan khusus yang dinamis berlandaskan prinsip university good governance.
  4. Menghasilkan insan mahasiswa yang peduli terhadap keberhasilan akademik dan menunjukkan kontribusi nyata terhadap peningkatan prestasi kemahasiswaan dan organisasi kampus. 

 

SASARAN 


Pada tahun 2014

  1. Tersedia dan terlaksananya kurikulum yang dinamis sesuai dengan pengembangan keilmuan dan kebutuhan pengguna yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran.
  2. Terlaksananya proses pembelajaran yang menyeimbangkan teori dan praktek dengan memanfaatkan teknologi yang berorientasi pada pengembangan multi aspek baik akademik maupun non-akademik.
  3. Pengembangan dan pemanfaatan sarana pendukung, yaitu optimalisasi laboratorium yang berfungsi bukan hanya untuk pembelajaran, melainkan sebagai sarana penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Pengembangan dan pemanfaatan referensi terbaru dalam kegiatan perkuliahan guna pencapaian prestasi akademik dan nonakademik.
  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa dalam bidang keilmuan pendidikan khusus.

Pada tahun 2020

  1. Pengembangan dan peningkatan daya dukung penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang relevan dengan keilmuan pendidikan khusus untuk menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Terjalinnya kerjasama dengan berbagai instansi nasional dan internasional yang terkait dengan layanan pendidikan khusus.
  3. Terciptanya iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan keilmuan, kepemimpinan, dan kewirausahaan kepada seluruh civitas akademika.
  4. Terciptanya sistem pengembangan profesi pendidikan khusus yang humanis-religius secara berkelanjutan.

 

STRATEGI


Untuk mencapai sasaran di atas maka strategi yang ditempuh dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu:

  1. Tahap pertama. Sampai akhir tahun 2014 strategi yang dilakukan guna mencapai sasaran antara lain:

           a.  Meningkatkan kinerja pengelolaan program studi.

           b.  Meningkatkan perolehan calon mahasiswa baru yang berkualitas.

           c.  Meningkatkan produktivitas dosen dalam pengajaran, penelitian dan Program Pengabdian Masyarakat  (Tridharma PT).

           d.  Memperpendek masa studi mahasiswa

           e.  Mengembangkan bidang keahlian dosen yang sesuai dengan kebutuhan akademik dan profesi

                dalam rangka meningkatkan relevansi kompetensi lulusan program studi.

           f.   Mengoptimalkan fungsi laboratorium sebagai sarana Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  1. Tahap kedua, Sampai akhir tahun 2017 target yang dicanangkan antara lain:

           a.  Mengembangkan networking dengan pihak pengguna lulusan dan antar LPTK penyelenggara

                program studi Pendidikan Luar Biasa.

           b.  Meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris dosen.

           c.  Mengembangkan sistem informasi jurusan.

           d.  Meningkatkan produktivitas penelitian kolaboratif dengan instansi pengguna lulusan dan antar

                Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri.

  1. Tahap ketiga, Sampai akhir tahun 2020 target yang dicanangkan antara lain:

           a.  Mengembangkan layanan laboratorium sebagai pusat sarana kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

           b.  Menyusun peta keilmuan jalur akademik dan profesi sebagai dasar rencana induk

                penelitian dan pengembangan program studi.

           c.  Mengembangkan networking dengan asosiasi profesi dalam rangka menyusun standar profesi

                yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.